== Jasa Pengukuran Topografi, GPS dan Batimetri == == Jasa Pengukuran Topografi, GPS dan Batimetri == == Jasa Pengukuran Topografi, GPS dan Batimetri ==

11/25/2011

MERAWAT LAPTOP

Dengan semakin maraknya pengguna laptop / notebook di masyarakat baik untuk keperluan pribadi maupun instansi maka ada baiknya kita perlu mengetahui cara-cara untuk merawat laptop itu sendiri. Apalagi bagi para user yang belum begitu mengetahui cara pemakaiannya. Untuk itu dalam kesempatan ini ada beberapa tips untuk merawat laptop, antara lain :

1.  Menghindari menyalakan / menggunakan laptop di permukaan yang lunak atau lembut.
Seperti sofa, tempat tidur dan karpet. Jika kita perhatikan pada bagian bawah laptop terdapat kipas. Ini yang berfungsi sebagai sirkulasi udara. Jika kita meletakkan laptop pada permukaan tersebut tentu akan menghambat sirkulasi udara yang menimbulkan overheating yang tentunya bisa merusak laptop itu sendiri. Dan ada baiknya jika ada penambahan semacam cooling fan yang di desain khusus untuk laptop.

2.  Hindari benturan dan tekanan fisik pada laptop
Akibat laptop yang terjatuh bisa menyebabkan hardware di dalamnya bisa rusak. Biasanya ini terjadi pada hardisk dan LCD. Tekanan fisik secara tidak sengaja juga bisa menyebabkan layar LCD rusak. Misalnya salah pada saat pembawaan laptop, meletakkan benda berat di atas laptop, atau mengangkat laptop dalam keadaan terbuka sementara yang dipegang layar LCDnya.

3.  Jangan meletakkan laptop di dekat medan magnet dan getaran yang bisa merusak laptop
Medan magnet dapat juga merusakkan hardisk dan layar LCD. Hindari meletakkan laptop di dekat speaker yang memiliki medan magnet. Pada saat laptop di bawa mobilisasi dengan medan yang berat, lindungi laptop dari getaran. Getaran ini bisa mengakibatkan bergeser / terlepasnya komponen di dalamnya. Dan lagi-lagi biasanya dapat mengakibatkan kerusakan pada hardisk atau layar LCDnya.

4.  Hindari meletakkan laptop dengan bahan yang berbau tajam dan minuman
Misalnya jarum suntik refill tinta printer. Bisa saja secara tidak sengaja jarum mengenai layar LCD yang bisa mengakibatkan tergoresnya layar LCD. Pemasangan  LCD protector juga bisa membantu untuk melindungi kemungkinan tergoresnya layar LCD.
Minuman yang secara tidak sengaja tumpah mengenai laptop pada saat nyala tentu akan berakibat fatal. Maka hindari meletakkan minuman di dekat laptop.

5.  Gunakan stabilizer dan atau UPS
Pada saat laptop memerlukan energi listrik, gunakan stabilizer dengan kualitas yang baik apalagi untuk daerah dengan tegangan listrik yang tidak stabil dan lebih baik lagi jika terpasang UPS untuk menjaga kemungkinan padamnya listrik sewaktu-waktu.

6.  Hindari membongkar sendiri laptop anda
Pada saat laptop mengalami masalah, kadang-kadang laptop perlu dibongkar. Untuk menghindari rusaknya laptop yang semakin parah jangan membongkar sendiri laptop anda dan serahkan pada yang ahlinya.

7.  Gunakan software/program sesuai dengan keperluan
Sering kita meng-install program namun program tersebut jarang atau bahkan tidak pernah kita gunakan. Selain memberatkan kinerja laptop juga bisa program tersebut membawa virus yang bisa saja merusak program operating sistem. Untuk itu berhati-hati dalam meng-install program tambahan.

8.  Jangan meletakkan laptop di tempat panas.
Seperti terik matahari atau di dalam mobil yang terparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari.

9.    Perawatan rutin
Menjaga kebersihan terutama pada bagian keyboard tentu dengan alat yang lembut dan aman misalnya kapas dan kuas yang lembut. Melakukan perawatan pada software misalnya pembersihan “Recycle Bin”, pembersihan “Temporary” dan lain-lain yang bisa menjaga kestabilan dan kecepatan program yang kita miliki.

10.  Gunakan asesoris laptop
Seperti “screen guard” yang bisa melindungi layar dari goresan, “cooling fan” untuk membantu sirkulasi udara dan “keyboard protector” untuk melindungi keyboard dari debu atau bahkan tumpahan benda cair yang tidak sengaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar